Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lethal Yellowing (Penyakit Kelapa Sawit Yang Paling Ditakuti di Dunia)

Lethal Yellowing
merupakan penyakit kelapa yang paling merusak di dunia, namun demikian pusat produksi kelapa sawit utama dunia seperti Indonesia, Malaysia, Philipina, kepulauan pasifik masih bebas dari penyakit ini. Sementara itu puluhan ribu hektar pertanaman kelapa telah hancur di daerah Amerika (Florida, Meksiko, dan sejulah negara di karibia), Afrika bagian Barat (Togo, Nigeria, Ghana) dan Afrika Bagian Timur (Tanzania, Kenya).

Penyebab Penyakit Lethal Yellowing

Penyakit ini disebabkan oleh PLO (Phytoplasma like organisms), pertama kali dideteksi di jamaika tahun 1972 (Beakbane et al., 1972; Heinze et al., 1972; Plavsic-Banjac et al., 1972) PLO ini juga telah dikonfirmasi ditemukan di afrika (Dabek et al., 1976; Dollet dan Giannotti, 1976)

Gejala Penyakit Lethal Yellowing

Gejala yang ditimbul dari berbagai negara yang terserang sangat mirip satu sama lain. Gejala pertama dari penyakit ini adalah gugur buah, yang dimulai dari kelapa yang paling tua. Sementara buah yang baru mau keluar  membusuk dan menghitam. Daun menguning cepat menyebar ke atas, menyebabkan pembusukan bertahap dan kemudian kematian dari kelapa sawit, umumnya kematian terjadi dalam satu tahun sejak gejala pertama
  
Tanaman Inang

Kebanyakan tanam palm rentan terhadap penyakit ini, PLO telah diuji pada paling sedikit 30 spesis palm yang berbeda termasuk palm hias. Luas inang dari penyakit ini menyulitkan untuk identifikasi tingkat toleransi berbagai varietas kelapa terhadap penyakit ini.

Vector Penyebab Lethal Yellowing

Dari penelitian yang dilakukan di jamaika diduga bahwa Myndus crudus (Cixiidae) merupakan vektor dari penyakit ini (Tsai, 1977), Myndus adiopodoumeensi juga diduga sebagai vektor dari penyakit ini di ghana (Dery et al., 1995)

Tehnik Pengendalian Penyakit Lethal Yellowing

  1. Penyakit ini dapat dicegah atau bahkan disembuhkan dengan menyuntikkan antibiotik tetrasiklin (MacCoy, 1972). Cara ini telah digunakan untuk menyelamatkan tanaman palm di Miami, tetapi cara pengendalian ini belum pernah dikonfirmasikan dilakukan di perkebunan.
  2. Dengan mengendalikan Vektor atau mengendalikan inang dari vektor. Di Vanuatu cara pengendalian vektor dilakukan dengan cara menghancurkan akar tanaman Hibiscus tiliocens yang menjadi tempat berkembangnya larva dari M. taffini dan terbukti efektif
  3. Menghilangkan atau menghancurkan tanaman yang terkena penyakit di pertanaman sebelum menyebar ke tanaman lainnya terbukti efekti untuk mencegah penyebaran dari penyakit ini di perkebunan (Dery and Philippe, 1995).
  4. Menanam varietas yang tahan
  5. Dan yang paling penting dan paling efektif adalah mencegah menyebarnya penyakit ini ke daerah-daerah yang bebas (Karantina)

Posting Komentar untuk "Lethal Yellowing (Penyakit Kelapa Sawit Yang Paling Ditakuti di Dunia)"

PAKET BOS NASA unutk meningkatkan hasil panen hampir 100%.